Gembong Pencuri Sapi di Lampung Timur Tewas Ditembak, Rekannya Dibekuk di Bunga Mayang

Gembong Pencuri Sapi di Lampung Timur Tewas Ditembak, Rekannya Dibekuk di Bunga Mayang
Ilustrasi Penembakan (Moderator.id)

Lampung Timur (Lampung) -- Aparat Kepolisian Resor Lampung Timur terpaksa melumpuhkan seorang pelaku pencuri hewan ternak yang kerap beraksi di wilayah Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Pelaku berinisial NR (44) warga Dusun II Desa Taman Asri, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Lampung tidak terselamatkan setelah dua timah panas menerjang tubuhnya. Sementara rekannya, EK (29) warga Desa Tanah Abang, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara sudah diamankan di mapolres setempat.

Baca Juga: Komplotan Pencuri Ternak di Katibung Lamsel Ditangkap, Kapolres: Dua Pelaku Pelajar SMA

Kasat Reskrim Polres Lampung Timur Iptu Johannes Erwin Parlindungan Sihombing mengatakan, pihaknya berhasil mengidentifikasi keberadaan para pelaku di wilayah Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara. 

Tim gabungan, lanjut dia, lantas meluncur untuk melakukan penangkapan pelaku NR, Kamis, 7 September 2023 yang diketahui hendak melarikan diri ke wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat. Namun, saat hendak diringkus NR melawan petugas dengan sebilah golok.

Baca Juga: Kawanan Maling Sapi Kepergok Warga, Tinggalkan Mobil dan Hasil Curian

"Saat hendak dilakukan upaya pencegatan diperjalanan, pelaku melakukan perlawanan terhadap anggota menggunakan Golok. Akhirnya petugas terpaksa bertindak tegas dengan memberikan dua tembakan yang masing-masing mengenai dada pelaku," terang dia

Pelaku sempat dilarikan ke Puskemas Mulyo Asri, Kabupaten Tulangbawang Barat untuk diberikan perawatan. Namun, tidak tertolong. Kasat menyatakan, jenazah NR sudah diserahkan ke pihak keluarga untuk dilakukan pemakaman.

Baca Juga: Dikira Sudah Aman Karena Buron 2 Tahun, Pencuri Ini Dicokok Polisi

"Sempat kita larikan ke Puskesmas Mulyo Asri untuk mendapatkan perawatan medis, akan tetapi nyawanya tidak tertolong. Jenazah telah kita serahkan ke pihak keluarga untuk dilakukan pemakaman," terang Iptu Johanes.

Berdasarkan catatan kepolisian, NR memiliki delapan TKP lima di Kabupaten Lampung Timur yakni wilayah Kecamatan Way Bungur, Sekampung, Batanghari Nuban, Purbolinggo, dan Kecamatan Pekalongan. Sementara tiga TKP lain tersebar di wilayah Kabupaten Pesawaran, Tulangbawang, dan Lampung Tengah.

Baca Juga: Polisi Gulung Sindikat Peredaran Narkoba

Sebelumnya, ulas Kasat, para pelaku melancarkan aksinya di Desa Taman Negeri, Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur, Rabu, 6 September 2023. Mereka sempat membawa keluar dari kandang tiga ekor sapi milik korban.

"Sekitar 350 meter dari kandang korban bersama warga menemukan dua ekor sapi mikiknya. Namun tidak menemukan satu ekor lagi. Akibat peristiwa tersebut korban mengalami kerugian senilai Rp16 juta," ungkap dia.

Selain mengamankan rekan NR, EK pihaknya turut menyita barang bukti satu unit mobil truk Isuzu Elf, Golok, lampu boklam, dan tali karet timba sumur. "Pelaku EK terancam dijerat Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara," tutupnya.

Baca Juga: Mayat Perempuan Bercelana Pendek Tanpa Kepala Ditemukan Terapung di Laut Tanggamus

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2