Sempat Dikira Terjadi di Tubaba, Ternyata Ini Lokasi Penemuan Mayat Tanpa Kepala

 

Sebaran foto beserta keterangan penemuan mayat yang sempat beredar di sejumlah group WhatsApp (Moderator.id).


Tulangbawang Barat (Lampung) -- Sebuah foto tangkapan layar berisikan informasi penemuan mayat wanita tanpa kepala sempat beredar di sejumlah group WhatsApp, Senin, 21 Agustus 2023. Saat dilakukan penelusuran, informasi yang semula diduga terjadi di wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat ternyata tidak benar atau hoax.


Dalam sebuah foto hasil tangkapan layar status WhatsApp yang tersebar, tertulis keterangan "Di temukan sore ini jam 04.12 mayat wanita tanpa kepala di Margo Mulyo di kebun belakang waterpark, umur sekitar 17 18. KTP atas nama Sinta, mohon yang kehilangan keluarga atau anak silahkan hubungi pihak kepolisian, sampai skrg blom tau keluarga siapa". Diakhir keterangan foto disertai emoji dua telapak tangan ditangkupkan.


Sejumlah awak media, sempat menelusuri kebenaran informasi itu dengan menghubungi Kepalo Tiyuh/Desa Margo Mulyo, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung. Namun sang Kepala Desa menyatakan tidak ada peristiwa seperti yang disebutkan.


"Hoax, informasi dari kepalo tiyuhnya baru dihubungin," tulis seorang jurnalis yang sempat menkonfirmasi kebenaran informasi itu.


Moderator.id mencoba menelusuri informasi itu menggunakan perkembangan teknologi melalui google lens dengan memasukan potongan foto yang tersebar. Hasil pencarian, peristiwa yang cocok dengan foto itu rupanya terjadi di daerah Ponorogo, Jawa Timur.


Foto tersebut diunggah media online suara pada, Minggu, 23 April 2023 yang merupakan peristiwa penemuan sesosok jenasah yang kepalanya terpisah dari badan di semak-semak perkampungan warga yang lokasinya tidak jauh dari lapangan Batalion- Kodim 0802 Ponorogo.


Kasat Reskrim Polres Tulangbawang Barat, AKP Dailami juga memastikan tidak ada peristiwa seperti yang disebutkan dalam foto yang tersebar. Ia memastikan informasi yang beredar itu tidak benar. "Hoax, pasti anggota laporan kalau ada kejadian," ungkap Dailami.

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2